Mengurai Benang Kusut Perempuan

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan telah berjuang keras lebih dari 30 tahun melaksanakan pembangunan pemberdayaan perempuan. Namun, secara umum kualitas hidup perempuan Indonesia masih banyak yang tertinggal dari kualitas hidup laki-laki.

Betul, sebagian perempuan Indonesia telah mencapai kualitas hidup yang baik. Sebagian bahkan sudah mampu bersaing dengan laki-laki di berbagai dunia kerja, politik, dan keterampilan.

Sayangnya sebagian besar perempuan Indonesia masih jauh tertinggal, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian dan bahkan kerap mendapat perlakuan kekerasan. Di bidang ekonomi dan politik, perempuan yang aktif di bidang ini kerap menghadapi hambatan dalam kedudukannya sebagai pengambil keputusan lantaran adanya bias gender dalam lingkungan kerjanya. Alhasil pemenuhan hak perempuan berkurang.

Di satu sisi, perempuan yang telah berhasil pun jarang tergerak hatinya untuk sukarela membantu pemberdayaan bagi kaumnya yang tertinggal.

Walau secara keseluruhan masalah gender masih buram, sedikit demi sedikit sejumlah kendala yang menghambat itu berhasil disingkirkan. Sebagai contoh, jumlah anggota legislatif perempuan pada 2004 yang hanya berjumlah 11%, kini pada Pemilu 2009 telah mencapai 18,3%.

Meskipun belum sesuai dengan harapan minimal 30%, setapak demi setapak kemajuan mulai terlihat. Kiprah perempuan makin menonjol di berbagai bidang. Ada lima perempuan di Kabinet Indonesia Bersatu II, belum lagi gubernur perempuan, wali kota/bupati, guru besar dan sebagainya.

Permasalahan budaya, tradisi, mitos bahwa perempuan tidak setara dengan laki-laki masih menjadi hambatan utama dalam proses perjuangan kesetaraan gender. Ini tentunya menyakitkan bagi aktivis gender di Tanah Air. Pasalnya, di era globalisasi ini, perempuan bakal menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang semakin kuat dalam menggali potensi serta menjalankan usaha terkait upaya menyejahterakan diri mereka.

Guna mengurai benang kusut kondisi perempuan Indonesia ini, tentunya sebagai langkah awal diperlukan penyamaan persepsi tentang visi dan misi serta rencana strategis program dan kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak 2010รข€“2014 oleh segenap pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan daerah, LSM, aktivis dan akademisi kampus.

Kesepakatan visi dan misi antarpemangku kepentingan menjadi fokus utama program 100 hari kerja Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lantaran menjadi fondasi dalam pergerakan gender selanjutnya.

Dari hasil kesepakatan, diharapkan, dapat terlahir sebuah rencana aksi nasional (RAN) yang secara holistik mampu mengurai permasalahan bangsa. Dari hasil rembuk nanti, segenap pemangku kepentingan diharapkan bisa menjadi motor penggerak penyusunan program dan anggaran responsif gender di kementerian, lembaga, atau wilayah masing-masing.

Apa pun hasilnya nanti, agar rencana aksi bisa berjalan sesuai dengan harapan, tidak ada pilihan lain, kita harus memperkuat kemampuan kelembagaan pengarusutamaan gender (PUG). Untuk itu, diperlukan sebuah pemetaan kemampuan dari tiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Di samping itu, penting dicatat, harus ada jaminan di tujuh kementerian yang sangat strategis, lantaran bersinggungan langsung dengan problem perempuan, yaitu Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, Departemen Pertanian, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Keuangan, Bappenas, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terdapat anggaran dan program kerja yang sangat responsif gender.

Persiapan pelatih anggaran responsif gender di tingkat provinsi dan kebijakan penerapan sistem terpilah menurut jenis kelamin dalam data statistik yang relevan dan pelaporan nasional tentunya juga menjadi kunci berjalan mulus atau tidaknya rencana aksi nasional.

Tindak kekerasan pada perempuan dan anak memang masih saja terjadi. Program perlindungan yang terpadu dan sistematis memang mendesak dibutuhkan. Untungnya, kita telah mempunyai undang-undang yang melindungi perempuan dan anak seperti UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Agar implementasi undang-undang seragam di setiap daerah, perlu diterbitkan standar pelayanan minimal (SPM) layanan terpadu bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Juga diperlukan penyusunan draf final peraturan bersama penanganan anak berhadapan dengan hukum berbasis restorative justice.

Peran media massa dalam membentuk opini masyarakat tentunya tidak bisa diremehkan. Pembuatan iklan berisi pesan visi, misi, dan program tentunya diharapkan dapat menggugah awareness dari masyarakat perihal masalah gender.

Oleh Linda Amalia Sari Gumelar SIP Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Sumber: Media Indonesia.

28 comments:

Obat Angin Duduk said...

lebih banyak tahu dengan membaca..

Obat Gangguan Sirkulasi Darah said...

info yg sangat menarik untuk di simak, ditunggu postingan berikutnya gan !

Cara Diet Sehat said...

Melalui website, mari kita tingkatkan kwalitas ilmu pengetahuan dan pendidikan Indonesia. dengan berita dan informasi yg akurat dan bermanfaat kita persembahkan untuk masyarakat..

Obat Penghilang Lemak said...

terimakasih banyak atas informasi yang di sajikan

Obat Diet Alami said...

terimakasih banyak atas informasi yang telah di sajikan

Obat Kanker Adrenal said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan..

Obat Pembersih Usus said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

Obat Batuk Tradisional said...

terimakasih atas artikelnya

obat tradisional aterosklerosis said...

terimakasih atas berbagi informasinya

Obat Peningkat Daya Ingat said...

terimakasih atas berbagi informasinya

Suplemen Untuk Mata said...

Terimakasih atas Informasinya

Obat Penyempitan Pembuluh Darah Di Kepala said...

Thank you for sharing it in an easy to read and understandable format

Jual Obat Diet Dengan Cepat Dan Aman said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

Obat Menurunkan Kolesterol Dalm Tubuh said...

Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

Vitamin Penambah Nafsu Makan said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan..

Obat Herbal Infeksi Paru Paru said...

artikel yang menarik , dan menambah wawasan untuk kita semua

Obat Alami Asam Lambung said...

Artikel yang sangat menarik, semoga bermanfaat.

Pengobatan Wasir said...

Artikel yang sangat menarik, semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca yang lainnya, nice post.

Obat Alergi Kulit said...

Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat.

Obat Pencuci Usus said...

Artikel yang disampaikan ini sangat menarik dan inspiratif semoga dapat memberi inspirasi pula bagi semua pembaca yang lainnya, semoga sukses.

Obat Pencuci Usus said...

Artikel yang disampaikan ini sangat menarik dan inspiratif semoga dapat memberi inspirasi pula bagi semua pembaca yang lainnya, semoga sukses.

Suplemen Pembakar Lemak said...

Semoga apa yang diusahakan kita selama ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan, terimakasih sudah berbagi, semoga sukses dan salam sehat selalu bagi kita semua.

Obat Benjolan Di Wajah said...

Informasi dalam artikel yang anda sampaikan ini sangat bermanfaat sekali dan sangat membantu, semoga dapat bermanfaat pula bagi semua pembaca yang lainnya, amin ya alloh. Semoag sukses selalu.

Obat Penyakit Mata Glaukoma said...

Artikel yang menarik itu artikel yang dapat memberikan inspirasi dan memberikan manfaat bagi pembacanya. God job, Lanjutkan !

Obat Herbal Mata Merah said...

Terimakasih atas apa yang telah di sampaikan dalam situs ini sangatlah bermanfaat dan membantu kami mendapatkan informasi yang lebih relevan. Semoga sukses selalu.

Obat Kaki Bengkak Saat Hamil said...

Semua yang di usahakan dengan maksimal akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Apa yang anda bagikan ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia anda. Semoga sukses.

Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil said...

I think this is one of the most important information for me. And i’m happy reading your article. However wantto statement on some common things, The site taste is wonderful, the articles is in reality nice.

Minyak ikan untuk anak said...

Ilmu itu merupakan suatu hal yang tak lekang oleh waktu, maka dari itu berbagi ilmu merupakan suatu hal yang baik, terimakasih sudah berbagi ilmu dan informasi ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua pengunjung, god job. semoga sukses dan salam sehat selalu bagi kita semua.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar apapun. Terimakasih.