Etika Politik Bangsa

PRESIDEN Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP, baru-baru ini telah memberikan kritik terhadap pers kita. Pers kita, dianggap kurang proporsional. Belum reda reaksi terhadap kritik itu, kembali Ketua Umum PDIP itu mengkritik mahasiswa. Demo-demo mahasiswa sekarang, juga tidak menunjukkan intelegensia yang tinggi.

Memang, dapat dipahami, kalau Ketua Umum PDIP itu memberikan reaksi seperti itu. Demo maupun pemberitaan pers, termasuk karikatur, sering mengganggu rasa kesantunan kita. Demikian juga kata-kata yang digunakan. Tetapi, kalau kita teliti lebih jauh, itulah sebuah fenomena yang sedang kita jalani, sejak beberapa tahun terakhir. Kalau mau jujur, sejak kita memasuki alam reformasi. Mengapa?

Konon, karena kita (sekarang) merasa bebas (demokratis?), seolah-olah apa saja boleh. Kalau kita hendak mengerem keadaan seperti itu, maka pasti orang menuduhnya sebagai "orde baru." Bukankah pemerintahan Mega-Hamzah Haz sekarang ada yang menilai "orde baru"? Bukankah selama 30 tahun kita telah mengalami keadaan yang represif, sehingga semua ekses sekarang ini adalah dampak kebijakan "orde baru." Begitu orang berkata.

Memang, keadaan serba susah. Mengkritisi reformasi bisa dianggap "orde baru." Tidak mengkritisi, kita khawatir, kita terlanjur meluncur ke jurang kehinaan. Cobalah kita renungkan keadaan sekitar kita. Bukankah kekerasan, kesantunan, memang terasa semakin memprihatinkan? Semua itu bisa kita nikmati hampir setiap hari di pers nasional kita. Bahkan, spanduk-spanduk yang terpampang pun, atau iklan di radiopun, sering mengusik rasa santun kita. Semuanya, terkesan semakin dianggap biasa.

Dalam konteks seperti inilah kita bisa memahami kritik-kritik yang disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri. Tidak hanya sebagai Presiden, orang yang paling bertanggung jawab terhadap apa-apa yang terjadi di negeri ini, tetapi juga (mungkin) sebagai seorang ibu.

Kita kemukakan semua itu, apa adanya, tanpa kita bermaksud untuk terlibat dukung mendukung. Harapan kita, seandainya semua itu masih dianggap sebagai ekses, barangkali sudah saatnya kita mencegah terjadinya ekses itu lebih jauh lagi. Semua orang, selayaknya sudah mulai melakukan "otokritik" terhadap perilaku yang keliru atau "kebablasan" itu. Katakanlah, meskipun "orde baru" itu ada salahnya, sampai kapan kita terus menerus menyalahkan "orde baru", tanpa menyadari, bahwa kesalahan itu terletak pada diri kita sendiri? Kalangan pers, elit politik dan juga mahasiswa, sudah saatnya untuk mulai membangun kultur politik yang santun dan demokratis, sehingga perbedaan pendapat di antara kita tidak perlu melahirkan gesekan fisik yang mungkin bisa membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa ini. Kita mintakan perhatian masalah ini kepada semua pihak, oleh karena terasa suhu politik yang semakin memanas. Apalagi, menjelang tahun 2004.

Kritik-kritik yang disampaikan oleh Ketua Umum PDIP itu hendaklah dianggap sebagai kritik bagi kita semuanya, termasuk bagi warga PDIP sendiri, yang dahulu juga pernah melakukan tindak kekerasan, ketika Megawati gagal terpilih sebagai Presiden. Hanya dengan melakukan otokritik yang jujur, kita bisa membangun etika politik yang berbudaya.

Sumber: Harian Umum Pelita.

6 comments:

Obat Penyumbatan Pembuluh Darah said...

Terimakasih atas informasinya , tetap semangat dan trus menggali pengetahuan yang lebih dalam lagi ,, salam sukses dari para blogger

Shelia Andromeda said...

Ayo Kawan Sukseskan 2015 !

Obat Pembuluh Darah Tersumbat
Obat Vertigo
Obat Serangan Jantung
Obat Kanker Serviks Tradisional
Pengobatan Kista Rahim
Penyakit Akut
Obat Memperbaiki Fungsi Hati
Obat Kanker Jaringan Lunak
Obat Kanker Pita Suara
Obat Abses Anus
Obat Memperbaiki Sistem Pencernaan
Obat Gangguan Fungsi Prostat
Obat Kebas
Obat Multiple Myeloma
Obat Penyakit Sinusitis Akut
Obat Tangan Sering Kesemutan
Obat Penyakit Jantung Koroner Akut
Obat Herbal Pasca Operasi Kanker Payudara
Obat Gagal Hati Akut
Obat Penyakit Asma Akut
Obat Penyakit Asam Urat Akut
Obat Penghancur Batu Ginjal
Obat Penyakit Leukemia Akut
Obat Herbal Batuk Berdahak
Obat Abses Paru
Obat Radang Amandel
Obat Syaraf Kejepit Di Punggung
Obat Plak Pembuluh Darah
Obat Angin Duduk
Obat Jantung Aritmia

Apotek Tradisional said...

blog very extraordinarily pleased to be visiting your blog. , , I found your blog on google
Asam Urat
Hipertiroid
Kanker Paru paru Stadium 4
Sakit Kepala Migren
Susah Tidur Insomnia
Komplikasi
Kanker Hati Stadium 4
Kanker Usus Stadium 4
Darah Tinggi Yang Ampuh
Ambeien Parah
Kanker Kelenjar Getah Bening
Gagal Ginjal
Wasir
Kanker Prostat Stadium 4
Gondok
Kanker Otak Stadium 4
Kanker Payudara
Kanker Darah

Unknown said...

terima kasih banyak atas informasi yang telah disajikan senang bisa berkunjung dan kami tunggu artikel terbarunya.
Obat Infeksi Lambung
Obat Ginjal Bocor
Obat Ginjal Bengkak
Obat Nyeri Sendi
Obat Jantung Bengkak
Obat TBC Paru

Cara Mengobati Batu Ginjal said...

Thanks for the information. Once very beneficial to us all. Awaited further information.
Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata
Cara Mengobati Nyeri Sendi

Cara Mengobati Mata Minus said...

Thanks for the information. Once very beneficial to us all. Awaited further information.

Obat Tradisional Tumor Mamae Di Payudara
Manfaat Super Nutrition Green World

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar apapun. Terimakasih.